10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sayang Dilewatkan

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sayang Dilewatkan - Siapa yang tak kenal dengan Jogja? Kota ini sudah menjadi tempat tujuan wisata yang terkenal di Indonesia. Meskipun per harinya wisatawan yang masuk ke Jogja tidak sebanyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali, namun tetap saja Jogja menjadi salah satu tempat wisata yang difavoritkan di Indonesia. Keramahan penduduknya, kesederhaan gaya hidupnya, uniknya budaya yang terdapat di sana, serta berbagai macam kelebihan dari kota Jogja membuat kota ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri.

Untuk Anda yang baru pertama kali akan liburan di kota Jogja maka berikut daftar tempat wisata di jogja yang sayang untuk dilewatkan ketika Anda berada di Jogja dan sekitarnya. Daftar tempat wisata di jogja ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota pelajar tersebut. Sehingga saat Anda sampai di sana, Anda tak bingung lagi karena sudah tahu tempat wisata di yogyakarta.

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Jogja
View pemandangan di Pantai Indrayanti Jogja via eibidiei
Belakangan ini di Jogja banyak sekali ditemukan pantai-pantai indah di kawasan Gunung Kidul, namun untuk mencapai pantai-pantai tersebut biasanya medan yang ditempuh masih sedikit susah karena memang pemerintah belum banyak membuka kawasan pantai tersebut sebagai tempat wisata di jogja. Namun dengan inisiatif dari warga sekitar pantai akhirnya pantai yang terbengkalai tersebut dibuka untuk umum. Tentunya karena merupakan tempat wisata di jogja yang masih sangat asri, Anda sebagai pengunjung yang datang harus menghormati dan ikut menjaga kebersihan Pantai Indrayanti.

Peta lokasi : klik disini
Alamat Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal :
Jl. Pantai Sel. Jawa
Tepus, Wonosari
Gunung Kidul
Daerah Istimewa Yogyakarta 55881

2. Pantai Baron

Pantai Baron
Indahnya Pantai Baron, Photo credit
Pantai baron adalah pantai kedua yang menjadi suatu rekomendasi untuk tempat wisata di jogja yang sayang sekali jika Anda lewatkan begitu saja. Anda yang ingin berwisata kuliner makanan laut maka bisa datang ke pantai ini untuk menikmati ikan dan berbagai hewan laut yang masih segar karena di pantai ini juga terdapat tempat pelelangan hewan laut, seperti ikan, udang, lobster dan lainnya. Selain bisa menyantap makanan laut sambil menikmati keindahan laut, maka Anda juga bisa membeli yangmasih mentah untuk dibawa pulang. Ini merupakan tempat wisata di jogja yang harus Anda kunjungi.

Peta lokasi : klik disini
Alamat Pantai Baron :
Kemadang
Tanjungsari
Kabupaten Gunung Kidul

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Temaram sinar matahari di Pantai Pok Tunggal, Photo credit
Satu lagi pantai yang letaknya di gunung kidul yang bisa direkomendasikan sebagai tempat wisata di jogja yang harus dikunjungi adalah pantai Pok Tunggal. Nama pok tunggal diambil dari adanya pohon duras yang merupakan pohon satu-satunya yang hidup di pantai tersebut. Anda yang berkunjung ke pantai ini tidak boleh merusak pohon ini, karena masyarakat di sekitar sangat menjaga pohon ini.

Peta lokasi : klik disini
Alamat Pantai Pok Tunggal :
Desa Tepus
Tepus
Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari
Istana air taman sari ini merupakan tempat wisata di jogja yang memiliki nilai sejarah, sebab dahulu istana air taman sari ini digunakan oleh pihak kerajaan untuk menjadi tempat bersantai para anggota keluarga kerajaan Jogjakarta. Di dalamnya terdapat banyak kolam buatan dan juga ada taman bunga yang indah. Untuk memilih tempat wisata di jogja ini adalah pilihan tepat, pasalnya untuk dapat masuk ke dalamnya Anda hanya akan dikenai tariff sebesar 5ribu.

Alamat Taman Sari : Jl. Taman Yogyakarta Kota/Kraton Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

5. Gunung Merapi

Gunung Merapi Jogja
Photo credit
Jika pergi ke Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata di jogja yang satu ini. Gunung Merapi dulunya pernah menjadi gunung yang paling tinggi di Pulau Jawa, namun karena pernah mengalami letusan maka gunung ini akhirnya terkikis. Anda yang menyukai wilayah gunung maka sangat tepat untuk datang ke sana, di kawasan tersebut juga terkenal dengan daerah Kaliurang yang merupakan daerah di kaki gunung merapi.

6. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Salah satu bangunan di Keraton Yogyakarta, Photo credit
Jogja sangat dikenal dengan kesultanannya yang sampai saat ini masih berjaya. Kesultanan Yogyakarta ini sampai saat ini masih memerintah kawasan Jogja dan negara Indonesia memang memberikan suatu keunggulan khusus untuk propinsi ini. Karena saat dulu pernah akan digantikan pun, masyarakat menolak dan merasa kesultanan Yogyakarta yang dapat memerintah kota Yogyakarta dengan baik. Anda bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta ini mulai dari pukul 8 pagi dan akan ditutup pada pukul 2 siang. Di tempat wisata di jogja yang satu ini Anda bisa melihat-lihat barang peninggalan kesultanan yang bernilai sejarah dan juga masih banyak keunikan lain.

7. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Senja di Pantai Parangtritis, Photo credit
Satu lagi kawasan pantai yang merupakan tempat wisata di jogja yang sayang untuk dilewatkan adalah pantai parangtritis, pantai ini letaknya berada di selatan Jogjakarta. Anda yang ingin merasakan sensasi bermain paralayang dari atas bukit, bisa datang ke pantai ini dan bisa bermain paralayang di atas bukit yang ada di sana.

8. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro
Jalan Malioboro Jogja, Photo credit
Rasanya tak lengkap jika Anda berkunjung ke Jogja namun tidak datang ke Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan ini merupakan surganya berbelanja bagi para wisatawan. Selama 24 jam jalan ini terus aktif dan tak pernah sepi pengunjung. Maka dari itu datanglah ke tempat wisata di jogja yang satu ini agar liburan Anda di Jogja bisa menjadi lebih lengkap. Pada siang hari di sepanjang jalan ini akan dipadati oleh banyaknya pedagan yang menjajakan cinderamata khas Jogja dengan harga murah, jangan lupa juga membeli kaos dengan berbagai tulisan yang dijual di Malioboro. Pada malam hari pun, Anda bisa berwisata kuliner di Jalan yang tidak jauh dari keraton Yogyakarta ini.

9. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Indahnya Candi Prambanan, Photo credit
Membicarakan mengenai tempat wisata di jogja yang sayang dilewatkan maka candi prambanan adalah salah satunya. Candi ini merupakan candi untuk agama Hindu yang terbesar yang ada di Indonesia, bahkan hingga saat ini pun, Candi Prambanan masih sering dikunjungi oleh penganut agama Hindu. Candi Prambanan ini letaknya tidak jauh dari pusat kota Jogja, Anda hanya perlu menempuh sejauh 17 km untuk dapat sampai ke candi ini. Di candi ini terdapat berbagai ukiran relief yang terukir di dindingnya yang menceritakan tentang kisah Ramayana dan krishnayana. Sering kali diadakan pertunjukan Ramayana yang biasanya bisa dinikmati pada malam hari. Dengan datang ke candi Prambanan Anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih dan tidak hanya sekedar berjalan-jalan.

10. Candi Borobodur

Candi Borobodur
Candi Borobudur, Photo credit
Meskipun tidak berada di kawasan Jogja namun candi Borobudur ini merupakan salah satu tempat wisata di jogja yang tidak bisa Anda lewatkan saat Anda datang ke Jogja. Anda perlu melakukan perjalan sedikit lebih jauh ke Magelang dari kota Jogja untuk dapat pergi ke Candi Borobudur ini. Candi ini sangat terkenal tidak hanya di Indonesia melainkan hingga ke luar negeri. Karena luas dan besarnya Candi ini merupakan hal yang sangat menakjubkan untuk dinikmati. Candi ini letaknya sekitar 40 km dari pusat kota Jogja dan merupakan candi untuk penganut agama Budha. Dalam candi Borobudur terdapat banyak sekali relief dan juga patung Budha yang digadang-gadang merupakan yang terbanyak yang ada dalam sebuah candi umat Budha. Anda harus mengunjungi Candi Borobudur saat Anda berkunjung ke Jogja. Untuk informasi menarik lainnya mengenai lokasi wisata di Jawa Tengah dapat diklik pada tautan Tempat wisata di Jawa Tengah ini.

Demikian informasi mengenai Tempat Wisata di Jogja Yang Sayang Dilewatkan semoga bermanfaat.[]

Load disqus comments

0 komentar