Museum Gunung Merapi, Geo Wisata di Kabupaten Sleman

Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di pulau jawa, Kota ini menawarkan berbagai macam wisata mulai dari wisata pantai, budaya, gunung dan juga museum. Salah satu museum yang ada di jogjakarta adalah Museum Gunung Merapi yang terletak di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Jogjakarta. Kira-kira berjarak lima kilometer dari lokasi wisata Kaliurang.

Bangunan museum berdiri kokoh dengan berlatar salah satu gunung paling aktif di dunia yaitu Gunung Merapi. Museum yang diresmikan pada tahun 2010 ini mempunyai dua lantai dengan desain bangunan yang unik berbentuk trapesium dengan salah satu puncaknya berbentuk bangun segitiga. Mempunyai luas bangunan sekitar 4.470 m persegi bangunan ini berdiri di tanah seluas 3,5 hektare.

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang bisa menjadi sarana belajar mengenai gunung paling aktif di dunia. Di tempat ini para pengunjung dapat belajar tentang Gunung merapi, mulai dari cerita legenda, sejarah serta ancaman bahaya gunungapi serta bencana geologi lainnya.

Museum Gunung Merapi, Geo Wisata di Kabupaten Sleman

Seperti kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif yang tersebar dari ujung barat sampai ujung timur wilayah negara Indonesia. Museum Gunung Merapi ini juga memiliki fungsi selain sebagai wisata edukasi bagi masyarakat mengenai gunung berapi juga memiliki fungsi sebagai lokasi pengembangan ilmu kebencanaan gunung berapi, gempa dan juga bencana alam yang lain.

Memiliki semboyan Merapi Jendela Bumi, Museum ini mempunyai dua buah lantai. Saat memasuki lantai pertama pengunjung akan langsung di sambut dengan replika sebaran awan panas dari  letusan Gunung Merapi. Pada ruangan ini terdapat tombol yang pada saat tombol di tekan akan terjadi sebuah peragaan kejadian erupsi gunung lengkap dengan sebaran awan panas serta aliran lava pijar yang menyerupai kejadian sebenarnya. Sehingga pengunjung dapat merasakan suasana saat terjadinya erupsi gunung yang banyak menelan korban.

Selanjutnya pengunjung dapat melihat berbagai dokumentasi serta alat peraga mengenai berbagai fenomena gunung berapi yang ada di seluruh dunia pada ruang utama. Di masing-masing alat peraga terdapat papan informasi yang menjelaskan mengenai peraga tersebut kepada pengunjung.

Ada juga zona khusus yang membahas Gunung Merapi yang memuat informasi mengenai seluk beluk gunung paling aktif di dunia ini mulai dari mitos, perkembangan kubah gunung dan masih banyak informasi menarik lainnya.

Di lantai dua pengunjung dapat melihat berbagai alat peraga tsunami dan berbagai foto tentang erupsi. Pengunjung dapat melihat informasi erupsi merapi dari berbagai tahun. DI tempat ini pengunjung juga akan mendapat informasi mengenai cara menyelamatkan diri dari bahaya gunung berapi pada saat terjadinya letusan. Pada lantai ini terdapat sebuah teater mini yang biasa menayangkan film berdurasi sekitar duapuluh menit yang berjudul DI Bawah Langit Merapi.

Lokasi Museum Gunung Merapi

Museum ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari objek wisata terkenal Kaliurang, Lebih tepatnya di Jalan Boyong Dusun Banteng Desa Hargobinangun Kecamatan Sleman Jogjakarta.

Harga Tiket Masuk Museum

Museum ini buka setiap hari selasa sampai minggu jam 09.00 smapai 15.30 WIB. Harga tiket masuk museum sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 3000 per orang.

Load disqus comments

0 komentar